Selasa, 13 Januari 2009

Jaringan Perpustakaan Komunitas

Pustaka Kampung (PK) mulai turut dalam jaringan perpustakaan komunitas di Yogyakarta. Pada Minggu, 11 Januari kemarin kami ikut dalam sarasehan yang diadakan oleh jaringan perpustakaan anak 1001 Buku Jogja di Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Rencananya akan ada program tukar koleksi antar perpustakaan komunitas yang mungkin akan mulai dilakukan dua bulan lagi. PK sendiri berharap memiliki jaringan lebih luas dengan perpustakaan komunitas di Yogyakarta.

Pada Selasa, 13 Januari 2009, di Perpustakaan Kota, yang sekarang namanya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota, PK juga mengikuti diklat mengenai pengelolaan perpustakaan komunitas. Penting rasanya bagi kami untuk mengetahui pola yang sesuai untuk pengelolaan manajemen perpustakaan komunitas mengingat kami bukan jenis perpustakaan umum dengan standar mengikuti acuan baku pengelolaan perpustakaan pemerintah. Perpustakaan komunitas, bahkan, tidak perlu memaksakan diri memiliki ruang khusus untuk menyimpan bahan pustaka karena dapat terintegrasi dengan rumah warga kampung. Dalam katalogisasipun kami tidak dapat mengikuti standar nasional, sebab sangat memberatkan. Kami hanya memiliki satu dua relawan yang mengurusi semuanya, sehingga untuk hal tetek-bengek tidak dapat kami perhatikan secara sungguh-sungguh.

PK ingin membuat sebuah pustaka yang lucu, kreatif, edukatif dan rekreatif. Ini mungkin berat, mungkin juga sederhana. Kami perlu saran dan masukan, mungkin juga bantuan lebih jauh.

1 komentar: